Jan 102019
Memahami Kinerja PJU Solar Cell

Lampu PJU tenaga surya merupakan sebuah lampu yang digunakan pada penerangan jalan umum yang memancarkan penerangan dengan menggunakan energi tenaga surya atau sinar matahari. Sinar matahari yang ditangkap kemudian akan dikonversi menjadi energi listrik dan bisa digunakan untuk mengeluarkan cahaya. Solar cell juga sering disebut sebagai sel surya yang merupakan sebuah elemen aktif yang berfungsi untuk menyerap dan mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Telah banyak negara yang mengembangkan solar cell, tidak terkecuali negara Indonesia yang merupakan negara pada garis khatulistiwa. Tentu saja Indonesia menyerap panas matahari dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan negara lainnya.

Perkembangan Teknologi dan Instalasi Solar Cell

Hingga saat ini, perkembangan teknologi dan instalasi solar cell dikembangkan secara besar-besaran. Bahkan telah hadir berbagai produk di berbagai sektor yang mengaplikasikan penggunaan solar cell, termasuk sebagai sistem penerangan jalan umum (PJU). Tidak hanya ramah lingkungan dan efisien, PJU tenaga surya juga terbukti efektif memberikan penerangan dengan kualitas yang tinggi. Wajar saja jika berbagai daerah Indonesia, dari kota hingga pedesaan lebih memilih menggunakan PJU solarĀ  cell.

Selain itu, masyarakat juga lebih menyukai lampu jenis ini karena alasan efisiensi, desain lebih menarik, futuristik dan pastinya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan anggaran yang dikeluarkan dari pemakaian listrik PLN. Solar cell terdiri dari material adhesive transparan dan kaca pelindung yang akan melindungi panel sel surya dari lingkungan di sekitarnya. Beberapa material anti refleksi juga dipasangkan dengan tujuan menyerap lebih banyak sinar matahari serta membantu mengontrol jumlah cahaya yang akan dipantulkan.

Detail Kinerja PJU Solar Cell

Solar cell merupakan sebuah pn junction yang terbentuk dari silikon kristal tunggal yang akan bekerja dengan memanfaatkan photo electric effect dari berbagai bahan semikonduktor. Hal ini akan memudahkan sel surya secara langsung untuk dikonversi menjadi listrik searah yang bisa digunakan manusia. Pada saat solar cell berhasil menangkap cahaya matahari dan menghasilkan elektron dan hole, maka sel ini akan bergerak dan kemudian secara otomatis akan mengubah cahaya yang diserap menjadi energi pembangkit listrik. Cahaya yang diserap disimpan dalam sebuah baterai dengan ampere hour yang lumayan tinggi sehingga lampu mampu menghidupkan lampu hingga sepanjang malam.

PJU solar cell ini menawarkan banyak kelebihan untuk Anda yang berniat mengaplikasikannya karena mampu memberikan penerangan maksimal, lebih hemat energi dan lebih ramah lingkungan. Selain itu, hingga saat ini pemanfaatan PJU dari tenaga surya juga digunakan pada lampu jenis LED, yang menjadi perpaduan tepat untuk memperoleh pencahayaan maksimal dengan desain lampu yang lebih estetis. Ya, beberapa PJU solar cell hingga tiang penyangganya memang dibuat dengan desain yang lebih menarik, modern dan bervariasi. Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan lampu jenis ini untuk penerangan Anda.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *