Oct 202018
Kandidat Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019

Apakah Anda sudah menentukan pilihan dari kandidat presiden 2019 dan wakil presiden. Tidak berbeda dengan tahun 2014, kandidatnya bakal presiden tetap dipegang oleh calon petahana. Hanya saja, wakil presiden saja yang berbeda. Berikut ini beberapa kandidat calon presiden 2019 dan wakil presiden.

Joko Widodo

Calon presiden 2019 tetap dipegang oleh calon pertahanan Joko Widodo. Presiden berusia 57 tahun ini merupakan warga yang tumbuh di dekat kota Solo. Beliau menjabat sebagai Walikota Solo dan sebentar sebagai Gubernur Jakarta. Dirinya memenangkan pujian dikarenakan peningkatan infrastruktur serta pembersihan daerah yang kumuh.

Pada tahun 2014, Jokowi memenangkan pilihan dengan investasi di bidang infrastruktur dan pendidikan serta pemberantasan korupsi. Sebagai presiden, beliau dianggap bergerak dengan cepat. Dimana beliau memangkas subsidi BBM dan mengalihkannya pada dana infrastruktur serta program sosial.

Prabowo Subianto

Calon presiden 2019 berikutnya adalah Prabowo Subianto yang merupakan seorang diplomat dan ekonom terkemuka. Beliau terdaftar pada militer sejak umur 19 tahun dan enam tahun kemudian bergabung dengan Komandan Pasukan Khusus di Timor Timur. Prabowo sendiri merupakan Kepala Komando Strategi Angkatan Darat saat para pengunjuk rasa menentang kekuasaan Soeharto.

Prabowo dikeluarkan dari militer atas dugaan penculikan para aktivis demokrasi sesaat setelah Soeharto lengser. Beliau dilarang memasuki Amerika Serikat karena kecurigaan melanggar hak asasi manusia di Jakarta dan Timor Timur.

Calon wakil presiden

Untuk calon presiden 2019, Jokowi disandingkan dengan Ma’ruf Amin seorang ulama yang berusia 74 tahun. Beliau merupakan pemimpin tertinggi Nahdlatul Ulama sejak tahun 2015. Di bawah kepemimpinannya, MUI mengeluarkan fatwa yang mengecam kepercayaan sosial seperti sekte Ahmadiyah dan homoseksual.

Sedangkan untuk calon presiden 2019, Prabowo Subianto disandingkan dengan Sandiaga Uno seorang pengusaha berusia 49 tahun. Beliau merupakan Wakil Gubernur Jakarta. Dirinya mulai memasuki dunia politik pada tahun 2015 sebagai pendukung Prabowo. Sandiaga Uno merupakan lulusan Amerika Serikat dengan gelar MBA dari George Washington University. Beliau pernah tergabung sebagai jajaran orang super kaya di Indonesia pada tahun 2018.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *