Oct 172018
Lebih Awet, Ini 3 Cara Merawat Meja Tamu Rotan

Anggapan perabotan rotan tidak awet digunakan sama sekali tidak benar. Untuk itu jangan pernah ragu menggunakan meja tamu dari rotan di ruang tamu Anda. Kekuatan rotan sebagai bahan furnitur bahkan telah diakui oleh para pengrajin. Dibandingkan dengan kayu jati, penggunaan rotan sebagai meja kursi tamu minimalis justru lebih awet. Hanya saja Anda harus memastikan tidak sembarangan merawatnya. Diperlukan beberapa perlakukan khusus berikut ini untuk membuat meja tamu rotan Anda lebih awet.

Meja rotan untuk diletakkan di dalam ruangan

Salah meletakkan meja tamu rotan akan berdampak pada menurunnya kualitas furnitur Anda. Meja tamu rotan ini sendiri tidak untuk digunakan di luar ruangan. Melainkan digunakan di dalam ruangan. Jika Anda menggunakan meja rotan ini untuk teras, dapat dipastikan kualitasnya akan menurun dengan cepat. Perabot Anda menjadi mudah rusak.

Meja tamu rotan harus diletakkan di dalam ruangan. Untuk itu penggunaannya sebagai meja tamu sangat sesuai. Pasalnya rotan ini mudah rusak jika terpapar sinar matahari langsung. Berbeda cerita jika rotan yang digunakan masih asli dan belum terkelupas kulitnya. Justru dengan rotan yang belum terkelupas kulitnya, harus diletakkan di luar ruangan.

Jangan gunakan lap basah untuk menghilangkan debu

Banyak yang bilang jika meja tamu rotan mudah kotor dibandingkan kayu. Anggapan ini tentu saja sangat keliru karena tidak demikian faktanya. Justru meja kayu lebih mudah kotor dibandingkan meja rotan. Pasalnya meja rotan ini dibuat dari jenis rotan olahan yang telah melalui proses tertentu sehingga tidak mudah kotor dan berdebu.

Meski begitu, debu tetap dapat menempel pada meja rotan Anda. Untuk menghilangkannya jangan pernah menggunakan lap basah. Air yang tertinggal dapat merusak kualitas rotan. Gunakan saja kemoceng untuk menyingkirkan debu. Atau gunakan vacuum cleaner untuk memastikan debu yang bersembunyi di sudut-sudut kecil dapat terangkat dan dihilangkan.

Jamur saat meja rotan berjamur

Di negara tropis seperti Indonesia, tingkat kelembapannya sangat tinggi. Selain merusak perabot kayu, dengan tingkat kelembapan yang sangat tinggi ini juga dapat merusak kualitas rotan. Meski disimpan di ruang tamu dengan sirkulasi udara ideal, kelembapan tinggi masih mengancam. Risiko meja rotan berjamur sangat besar terjadi.

Untuk membuat jamur pergi, jangan pernah gunakan lap basah. Melainkan jemur meja tamu di luar ruangan. Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak kualitas meja rotan. Jemur meja rotan di tempat yang teduh dengan angin cukup banyak selama 1-2 jam. Sehingga jamur-jamur yang menempel pada meja tamu dari rotan menghilang.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *