Sep 052018

Cetak Kemasan Hard Cover: Macam-macam Kemasan Makanan dan Minuman

Cetak Kemasan Hard Cover: Macam-macam Kemasan Makanan dan Minuman

Cetak kemasan hard cover untuk produk makanan dan minuman memiliki beberapa macam bentuk kemasan dan terbuat dari berbagai macam bahan.

Jika Anda ingin menggunakan kemasan hard cover untuk produk makanan dan minuman Anda, berikut ini adalah beberapa macam dan bahan kemasan hard cover.

Dupleks

Dupleks merupakan jenis karton yang tidak terlalu tebal dan kaku, berwarna putih di satu sisi dan sisi lainnya berwarna abu-abu.

Biasanya dupleks digunakan untuk kardus makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Dupleks juga cocok digunakan untuk kemasan martabak, roti bakar dan makanan basah lainnya.

Apabila Anda menginginkan kemasan makanan dengan harga yang murah, maka cetak kemasan hard cover dengan dupleks bisa Anda pilih.

Kertas Kraft

Kertas kraft merupakan kertas berwarna coklat dan biasa digunakan oleh masyarakat Eropa sebagai pengganti kantong plastik.

Penggunaan kertas kraft sebagai kemasan makanan atau minuman lebih tepat bila dijadikan kemasan kedua. Pada kemasan pertama, sebaiknya menggunakan plastik atau bahan lain yang anti air dan murah.

Kertas kraft cocok digunakan untuk kemasan makanan atau minuman bubuk seperti kopi, teh dan minuman tradisional.

Kertas kraft juga cocok digunakan untuk bungkus makanan basah yang langsung dimakan seperti kentang goreng dan burger.

Greaseproof Paper

Greaseproof paper merupakan kertas tahan minyak. Lebih cocok digunakan bagi pengusaha makanan yang langsung dimakan seperti gorengan, martabak dan lainnya.

Penggunaan graseproof sebagai kemasan makanan ringan atau makanan berpengawet kurang tepat.

Kertas Ivory

Kertas ivory memiliki warna putih di kedua sisinya. Kertas ini tidak terlalu tebal tetapi juga tidak lembek. Cocok digunakan untuk kemasan berbagai macam makanan mulai dari makanan kering hingga makanan basah.

Jika Anda ingin cetak kemasan hard cover dengan bentuk dan desain kemasan yang bermacam-macam, maka Anda bisa menggunakan kertas ivory karena kertas ini cocok dibentuk menjadi kardus, tas, atau mangkok.

Makanan yang cocok menggunakan kemasan berbahan kertas ivory adaah camilan, coklat, makanan basah yang akan langsung dimakan seperti takoyaki atau sosis, makanan khas yang biasa dijadikan oleh-oleh seperti bakpia, wingko, yangko, jenang dodol.

Menggunakan kertas ivory untuk kemasan camilan atau makanan khas lebih tepat jika digunakan sebagai kemasan kedua.

Sementara untuk wadah takoyaki dan makanan sejenisnya, kertas ivory cocok digunakan untuk kemasan pertama dan dibentuk seperti mangkuk.

Pouch Zipper dari Plastik

Pouch zipper adalah model kemasan yang terbuat dari plastik tebal dan memiliki klip atau resleting pada bagian atasnya yang berfungsi untuk membuka dan menutup kembali kemasan.

Model kemasan ini biasanya digunakan untuk membungkus makanan ringan. Namun belakangan ini, pouch zipper mulai banyak digunakan untuk kemasan minuman seperti milkshake, thai tea dan jus.

Ada dua model pouch zipper yaitu pouch zipper biasa yang tidak dapat berdiri dan stand up pouch zipper yang dapat berdiri tanpa harus disandarkan pada benda lain.

Itulah beberapa bahan dan model kemasan makanan dan minuman yang biasa digunakan untuk cetak kemasan hard cover. Hubungi percetakan kemasan hard cover di Jakarta langganan Anda untuk konsultasi lebih lanjut.


Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *