Jun 052018
Mengulik Peluang UMKM Potensial Di Indonesia

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan tiga sektor yang menjadi penopang ekonomi di Indonesia, bahkan tiga sektor ini juga selalu menyumbang angka yang tinggi terhadap PDB guna memajukan negeri. Menyadari begitu besarnya peran UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri, pemerintah pusat melalui instansi-instansinya membina UMKM dengan membuat peraturan formal yang bertujuan mengatur dan memberikan perlindungan bisnis UMKM dari para pesaing bisnis tidak sehat. Hal ini telah tertuang dalam Keppers RI No. 99 Tahun 1998. UMKM sendiri ialah termasuk bisnis dengan skala mikro, kecil, dan menengah mandiri dengan nilai aset bergerak maksimal 500 jt dengan penjualan tahunan sekitar 2 milyar.

Perlu diketahui, UMKM sendiri memiliki beberapa kategori dengan tahapan-tahapan tertentu, beberapa diantaranya ialah seperti UMKM pada sektor informal seperti pedagang kaki lima (PKL), UMKM jiwa entrepreneur, UMKM usaha kreatif tanpa jiwa entrepreneur, serta UMKM yang dalam masa peralihan ke usaha dengan skala yang lebih besar. Siapa yang tidak tertarik memulai bisnis? Terlebih bisnis UMKM yang menggunakan modal sedikit. Pastinya semua orang ingin menguji peruntungan melalui sebuah bisnis, oleh sebab itu memulai menjalankan UMKM bisa menjadi alternatif paling tepat untuk anda yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Memulai UMKM Sekarang Juga

Dari uraian di atas, maka bisa dipastikan peluang dari UMKM sangatlah besar, serta keuntungannya sudah tidak bisa diragukan lagi. Bagi anda yang ingin mencoba, terdapat beberapa bisnis UMKM yang menjadi primadona di kalangan para pebisnis dan masyarakat. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya untuk anda, semoga bermanfaat dan silahkan mencoba.

  •       UMKM di bidang kuliner

Bisnis UMKM di bidang kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menguntungkan, dan selalu memberikan pengembalian berupa profit dengan persentase yang selalu menanjak setiap saatnya. Saat turun pun, keuntungan yang diperoleh juga akan relatif stabil. Kuliner sendiri ialah bidang bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas dan selalu dibutuhkan sepanjang masa, setuju? Alasannya tentunya saja karena makanan ialah kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh manusia. Banyak bisnis kuliner yang bisa anda realisasikan, beberapa di antaranya seperti makanan ringan, minuman, hingga makanan pokok lainnya. Semua kategori ini memiliki potensi yang sangat bagus, jika anda mampu mengelola dan memasarkannya dengan tepat.

  •       UMKM di bidang fashion

Tidak jauh berbeda dengan kuliner, bisnis UMKM di bidang fashion juga menjanjikan keuntungan yang besar bagi para pebisnis. Bisnis ini sangat potensial karena selalu menjadi kebutuhan dan diburu semua orang. Alasannya tentu saja karena pakaian merupakan satu dari tiga kebutuhan primer manusia, setuju ya? Saat ini orang-orang menginginkan jenis pakaian yang beragam dan selalu mengikuti berpekembangan zaman. Jadi, anda bisa mengakalinya dengan membuat sebuah trend pakaian hingga menjadi booming dan diminati masyarakat. Beberapa jenis pakaian yang bisa anda jadikan objek bisnis di bidang fashion ialah seperti pakaian muslim, pakaian model korea, dan lain-lain.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *